AS Tetap Dukung Otsus Papua Dalam Bingkai NKRI

Konggres dan Pemerintah Amerika Serikat mendukung penuh status politik Tanah Papua sebagai daerah otonomi khusus dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hanya melalui Otsus masyarakat Papua akan dapat menemukan jati dirinya sebagai masyarakat mandiri dan sejahtera, sesuai program “political, economic and social empowerment” yang sedang diterapkan Pemerintah di Papua dan Papua Barat.

Amerika Serikat sangat tidak mendukung gerakan Papua merdeka dan telah bertekad untuk terus mempertahankan pengakuannya terhadap keutuhan wilayah NKRI. Dengan demikian Otsus merupakan satu-satunya jawaban bagi masyarakat asli Papua.

Posisi inilah yang muncul setelah Congressional Hearing tentang Papua di ibu kota AS, Washington DC, hari Rabu tanggal 22 September 2010. Sub-committee untuk Asia-Pasifik, sebagai kepanjangan tangan dari Congressional Committee untuk urusan luar negeri sempat membahas peran TNI sehubungan sejarah pelanggaran HAM di Papua dan, bila perlu, bentuk sangsi bagi para pelaku “kejahatan terhadap kemanusiaan”.

Sementara menyatakan keprihatiannya, Eni Faleomavaenga, mengakui bahwa kondisi HAM di Papua sudah banyak membaik namun perlu terus dipantau agar pelanggaran HAM seperti yang banyak dialami di masa lalu tidak terulang.

Beliau menegaskan bahwa sementara ada sekolompok orang Papua yang menuntut merdeka di luar NKRI, ternyata sebagian besar komunitas Papua memilih otonomi khusus dalam bingkai NKRI.

Pemilihan para Gubernur, Walikota dan Bupati di Papua yang sangat demokratis membuktikan adanya dukungan tersebut, kata anggota Konggres Eni Faleomavaenga dalam kesimpulannya mengakhiri hearing.

Wakil Ketua Umum Yayasan Igssarpri Nicholas Simione Messet dalam penyampaiannya menegaskan Otsus, bilamana diterapkan secara serius dan konsekwen merupakan   jawaban yang tepat dalam membangun Papua di segala bidang kedepan.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s