Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Albert Einstein pernah berkata bahwa, “Education is what remains after one has forgotten everything he learned in school.

” Begitu pentingnya pendidikan sehingga seorang Einstein pun sampai berkomentar tentang pentingnya pendidikan. Tanpa pendidikan, taraf hidup serta standar kualitas seorang manusia bisa dikatakan akan berdampak buruk. Seseorang yang memperoleh pendidikan yang semakin tinggi tentunya akan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang hanya tamat sekolah dasar.

Setiap negara diseluruh dunia begitu menekankan pentingnya kualitas pendidikan. Salah satu langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menetapkan anggaran pendidikan yang lebih besar dibandingkan anggaran lainnya. China dan Korea Selatan menjadi dua negara yang begitu menekankan pentingnya pendidikan bagi rakyatnya. Anggaran pendidikan di China mencapai 13,1% dari anggaran negara, sedangkan di Korea Selatan anggaran pendidikan negara mencapai 18,9%. Bahkan Indonesia menganggarkan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, bukti bahwa Pemerintah menaruh keseriusan dalam peningkatan mutu pendidikan.

Walaupun begitu, pemerintah harus bisa membuat prioritas dalam upaya perbaikan kualitas manusia Indonesia. Realisasi anggaran pendidikan yang mencapai 20% dari total APBN negara harus bisa segera direalisasikan oleh pemerintah. Jangan sampai anggaran yang telah besar ini justru dikorup oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penetapan sistem pendidikan yang baku serta tidak harus berubah pada setiap pergantian menteri harus bisa menjadi target pemerintah. Hal ini bisa memberikan kepastian bagi setiap pengajar dan sekolah. Kelengkapan fasilitas serta pemerataan kualitas pendidikan bagi setiap warga negara, khususnya daerah-daerah yang jauh dari pusat kota. Daerah-daerah seperti ini seharusnya menjadi fokus pemerintah karena banyak sekali masyarakat yang tidak memperoleh hak mereka dalam memperoleh pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya sekolah rintisan bertaraf internasional yang berada di Papua. Sekolah yang berlokasi di puncak Tanah Papua tersebut telah banyak menghasilkan siswa-siswi berprestasi baik tingkat nasional maupun tinggkat Internasional seperti Septianus George Saa peraih first nobel IPho Dunia 2002-2005 dan sekarang sedang melanjutkan pendidikan di Florida Institute of Technology Amerika Serikat. Novela Kristin Auparay mewakili Papua pada Olympiade Sains Nasional (OSN) Fisika tingkat Nasional dan masih banyak lagi putera-puteri terbaik Papua yang membanggakan dan meraih prestasi dalam bidang pendidikan tingkat nasional maupun internasional.

Peningkatan kualitas para pendidik pun harus bisa diperhatikan oleh pemerintah. Hingga saat ini untuk mencapai sekolah bertaraf standart internasional telah dipersipkan tenaga pengajar dengan gelar S-2 dan juga S-3, sehingga para guru yang mengajari dan membimbing para calon pemimpin bangsa ini merupakan orang-orang yang memang mempunyai kwalitas dan standart yang tinggi. Inilah beberapa hal yang telah dan terus dilakukan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kwalitas SDM diseluruh Tanah Indonesia.

 

“SMA Negeri 3 Jayapura telah 18 Tahun berdiri,  980 Lulusan terbaik telah dihasilkan dan siap untuk terjun dalam persaingan global.

Dari pendidikan kita dapat mengenal peradaban,

Pemerintah Indonesia mendirikan sekolah bertaraf Internasional, hanya satu tujuan mulia untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sehingga dapat bersaing secara Nasional dan Internasional”

Paulus Gandeguai, S.Pd MM (Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Jayapura)

 

“Putera – puteri terbaik kita sudah tampil, 1836 wisudawan dan wisudawati telah dihasilkan, kita liat itu sebagai hasil yang baik dan anugerah Tuhan dan menjadi kebanggan bagi kita semua di Tanah Papua dan Seluruh Indonesia hingga menjadi bangsa yang kita harapkan.

Benih – benih ini harus kita jaga, setelah kita tidak ada lagi merekalah kekuatan yang akan mempertahankan dan membangun bangsa Indonesia yang kita cintai.

Harapan saya, agar benih-benih ini tidak terpengaruh hal-hal yang tidak baik dan dapat tumbuh subur di seluruh tanah air kita Indonesia, perhitungkan itu sebagai bagian dari bangsa dengan satu tekad yang baik dan cita-cita yang luhur mencintai bangsa Indonesia, semoga Tuhan memberkati.”

Ramses Ohee (Tokoh Adat / Ketua Barisan Merah Putih – Papua)

 

“Selama ini orang berfikiran pendidikan di Papua belum maju, namun telah dibuktikan bahwa kita telah maju pesat, sama dengan daerah lain yang ada di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dari tingkat formal SD, SMP dan SMA dengan standart pendidikan Nasional, dan mereka dipersiapkan dengan baik untuk memasuki perguruan tinggi.

Mereka juga sudah membawa nama baik Indonesia dengan menjuarai lomba tingkat Internasional untuk bidang Matematika dan fisika.

Pendidikan di tanah Papua merupakan bagian sangat penting seperti halnya kesehatan, karena itu pemerintah Indonesia sangat memberikan kesempatan yang sangat luas bagi masyarakat Papua untuk memperoleh pendidikan.”

Endrico Kondologit, S.Sos

(Mahasiswa S-2 Universitas Cenderawasih – Papua)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s