KNPB : JDP Langgar Etika Perjuangan

Papua – Komite Nasional Papua Barat KNPB) menilai Resolusi Konferensi Perdamaian Papua tanggal 5 hingga 7 Juli lalu yang menetapkan Diplomat OPM diluar Negeri untuk menjadi juru runding adalah tidak berdasar dan menyalahi etika perjuangan. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan Konferensi Perdamaian Papua tidak melibatkan OPM/TPN yang justru berjuang penuh untuk kedalautan bangsa Papua.

“Lagi pula resolusi Konferensi Perdamaian Papua memutuskan perjuangan damai, dialog atau kompromi bukan menjawab aspirasi murni rakyat Papua, melainkan menjawab dinamika kehidupan sosial masyarakat Indonesia dan investor asing di Papua. Oleh sebab itu, diplomat OPM yang nantinya menjadi juru runding adalah diplomat murahan dan tidak punya harga diri” ujar Mako Tabuni, Ketua I Komite Nasional Papua Barat, Senin (11/7) di Jayapura.

Tekait itu, KNPB juga menilai konsep dialog Jakarta-Papua dalam Konferensi Perdamaian Papua tidak memiliki nilai tawar politik yang jelas untuk seluruh harapan rakyat Papua. Mako mengatakan, pembebasan bangsa Papua Barat dapat dirujuk dari Konferensi Tingkat Tinggi Internasional pada tanggal 2 Agustus 2011 di London Inggris dimana dihadiri 62 pengacara Internasional untuk rakyat Papua yang tergabung dalam ILWP dimana intinya adalah deklarasi gugatan sejarah kelabu bangsa Papua dan hak penentuan nasib sendiri sesuai mekanisme Internasional atau referendum masih berlaku.

Terkait adanya silang pendapat dengan Resolusi Konferensi Perdamaian Papua, KNPB menyatakan sikap penolakan tentang mandat Diplomat menjadi juru runding. KNPB juga menolak dialog damai dengan Pemerintah Jakarta karena dapat membunuh dan menghapuskan aspirasi politik rakyat Papua, serta menolak dengan tegas penyelesaian persoalan Papua dengan jalan perundingan, dialog Internasional dan jajak pendapat.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s