KNPB : “…segala macam kegiatan deklarasi ataupun pengibaran bendera Bintang Kejora adalah makar..”

PAPUA –  Pasca rusuhnya pembubaran Kongres Rakyat Papua III (KRP-III) di Abepura, Jayapura, tanggal 19 Oktober 2011 yang lalu, menimbulkan banyak reaksi baik yang simpati dan mendukung tindakan aparat keamanan yang dinilai tepat. Reaksi miring terhadap yang katanya disebut-disebut sebagai ‘deklarator Negara Federasi Papua Barat’ dari para aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dalam Press Conference menyatakan antara lain :

  • Perlu diingat bahwa tidak akan ada korban bila tidak ada kegiatan, sebaliknya apabila tidak ada kegiatan maka tidak ada korban. Jadi kedua belah pihak yang menimbulkan sebab akibat harus bertanggungjawab baik panitia maupun pihak keamanan agar dapat diketahui kesalahan ada pada panitia atau pada pihak keamanan. Yang menjadi perhatian KNPB adalah bahwa pasca kejadian kemarin banyak terjadi kerusakan dimana pihak keamanan harus bertanggungjawab atas hal tsb.
  • Menghimbau kepada seluruh masyarakat Papua bahwa apapun bentuk kegiatan selama resolusi PBB yg mengakui Papua adalah bagian dari NKRI dan sah secara hukum, maka segala macam kegiatan deklarasi ataupun pengibaran bendera Bintang Kejora adalah makar dan tidak dapat dibenarkan.
  • Kepada keluarga korban KRP III agar berjiwa besar dengan menerima keadaan dan menunggu hasil pemeriksaan untuk membuktikan siapa yang salah dan siapa yang harus bertanggungjawab.
  • Perlu dibentuk Tim Khusus terdiri dari Komnas HAM Pusat dan Kontras Jakarta serta lembaga netral baik dari dalam maupun luar negeri untuk mengusut tuntas.
  •  KRP III jelas-jelas sebagai perbuatan makar terhadap Indonesia, bagaimanapun desakan dari dalam dan luar negeri yang meng-‘atasnamakan’ HAM dapat terbantahkan karena mereka (deklarator Negara Federasi Papua Barat) telah bertentangan mendeklarasikan ‘negara’ didalam kedaulatan Negara sah, di belahan dunia manapun akan ‘mendukung’ selama hal tersebut disebut makar terhadap pemerintahan yang sah.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s