Pemerintah Daerah Papua tidak amanah dalam mengelola dana Otsus

Selama 10 tahun pelaksanaan Otsus, Pemerintah Papua mengklaim otsus  berhasil dengan perwujudan program RESPEK (Rencana Strategis Pembangunan Kampung), sementara rakyat Papua mengklaim Otonomi Khusus gagal menjamin, menolong, dan menyelamatkan hak hidup orang asli Papua.

Tidak optimalnya pelaksanaan Otsus, seharusnya tidak dipertanyakan kepada pemerintah Pusat, namun justeru ditanyakan kepada pemimpin-peminpin daerah Papua. Oleh sebab itu, perlu ditinjau kembali kinerja para pemimpin-peminpin daerah Papua. Seperti yang disampaikan oleh mantan Pemimpin OPM, Nicholas Jouwe dalam acara disalah satu stasiun TV swasta, bahwa “dana Otsus yang bernilai trilyunan rupiah, sebagian besar telah dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi para pimpinan daerah Papua dibanding untuk mensejahterakan rakyat Papua”.

Selain itu, beberapa masyarakat Papua yang berdomisili di Jakarta tergabung dalam Koalisi Solidaritas Anti Korupsi dan Kekerasan Bumi Cenderawasih (Kampak Papua, Solidaritas Masyarakat Adat Papua, KontraS, Pasti Indonesia), dipimpin oleh Dorus Woku (LSM Kampak Papua) di depan kantor KPK Jakarta pada 31 Oktober 2011 pukul 11.50 s/d 13.00 WIB. Tuntutan yang disampaiakan oleh koordinator LSM Kampak Papua diantaranya, “KPK segera menangkap koruptor pencuri dana Otsus mulai dari Barnabas Suebu (Mantan Gubernur Papua), Abraham O. Ataruri (Mantan Gub. Papua Barat), Klemens Tinal, Strefa Sodora Dupuy dan Jhon Ibo (Ketua DPRP) serta 42 anggota DPRP. Kemudian tetap mendukung KPK melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia, tetapi untuk wilayah Papua, KPK wajib membuka kantor cabang KPK di Papua”.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s