Papua Butuh Pendekatan Kesejahteraan Bung, Bukan Kibarkan Bendera Aneh !!!

Lagi dan lagi….sebuah ungkapan yang kiranya patut diutarakan melihat kondisi yang terjadi akhir-akhir ini pada 1 Desember 2011 lalu, dimana masyarakat Papua katanya merayakan “HUT Papua Merdeka”. Sementara di belahan seluruh dunia pada 1 Desember 2011 diperingati Hari Aids Se-dunia, dan untuk kasus HIV/AIDS di Indonesia, Papua menempati urutan kedua setelah Jakarta. Laporan kasus AIDS di Papua mengatakan, terjadi peningkatan dramatis . Pada September 2010 baru ada 7.000 kasus. Tapi Data Dinas Kesehatan setempat akhir November 2011 mengatakan, jumlah penderita HIV/AIDS di Papua sebanyak 10.500 kasus. Peningkatan jumlah ini penderita HIV/AIDS disebabkan ada beberapa daerah yang mengalami peningkatan penyakit mematikan tersebut seperti data peningkatan cukup tajam seperti di Kota Jayapura, Wamena, Nabire dan Timika masih tetap berada pada urutan teratas. Artinya, mengapa selalu meributkan ‘merdeka’ dan ‘merdeka’, padahal yang lebih urgen untuk dilakukan saat ini adalah bagaimana memerdekakan orang Papua dari ancaman HIV/AIDS.
Bertolak belakang dengan kondisi AIDS yang ada di Papua saat ini, euphoria HUT Papua harusnya dapat memperhatikan apa esensi dari mengibarkan bendera bintang kejora yang kenyataannya tidak membawa dampak perubahan apa-apa. Sungguh sangat aneh. Mengapa? Karena pada pengibaran bendera bintang kejora seperti di di Puncak Jaya dan satu lagi di unjung Bandara Wamena, Kampung Walangi, Distrik Wamena tidak ada nilai ataupun simbol khusus dengan pengibaran bendera tersebut. Artinya, tak berdampak apa-apa terhadap semangat dan gelora masyarakat Papua dari keterpurukan, keterbelakangan maupun kemiskinan akibat minimnya infrastruktur, lemahnya sistem pendidikan dan kesejahteraan ekonomi.
Tak berdampak, jelas karena pengibaran bendera itu tidak menimbulkan perubahan dan dampak pada tingkat ekonomi masyarakat Papua, maupun berdampak pada semangat untuk bersatu dalam pembangunan di Papua. Itu jelas bahwasanya bendera itu tidak memberikan faedah dan manfaat yang besar bagi Papua. Renungkalah, lihatlah, perhatikanlah, tataplah secara seksama apa yang bisa dihasilkan dari pengibaran bendera bintang kejora itu. Jawabannya secara tegas, jelas dan keras. TIDAK!!!
Lalu apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalah di Papua. Permasalahan Papua adalah kesejahteraan, sehingga solusi bagi masalah Papua adalah penanganan dengan hati melalui pendekatan kesejahteraan (prosperity approach) ketimbang dengan polisioner (militerisme). Ketimpangan kesejahteraan yang terjadi antara kesejahteraan masyarakat pesisir pantai Papua dengan masyarakat pegunungan Papua. Dengan demikian, perlunya pembangunan insfrastruktur di daerah pegunungan Papua dengan membuka akses masuk wilayah pegunungan.
Jelas ini sangat jelas sekali. Yakni dengan pendekatan kesejahteraan. Ya, pendekatan kesejahteraan dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat Papua baik yang di perkampungan kecil, perkotaan maupun perbukitan. Ini perlu dilakukan secara berkesinambungan dan tepat sasaran.
Strategi yang matang, strategi yang tepat tentu saja akan memberikan dampak yang positif bagi Papua. Ingat, pendekatan kesejahteraan adalah solusi bagi Papua, bukan dengan pengibaran bendera yang aneh di Republik Indonesia tercinta ini.
Sedangkan, permasalahan “merdeka” yang diminta masyarakat Papua haruslah dalam konteks “merdeka” dari kemiskinan, dan Papua tetap NKRI harga mati. Dan harus diingat, Papua tidak terkendala masalah dana, tetapi masalahnya terdapat pada metode implementasi penggunaan dana tersebut khususnya dana Otonomi Khusus (Otsus). Perbaiki system pengelolaan yang tepat dengan me-“revolusi” karakter pejabat Papua agar tidak melakukan korupsi yang berdampak pada tidak sampainya dana Otsus ke grass root masyarakat secara langsung.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s