SIAPA YANG MENABUR KEKERASAN ?

Bripda Ridwan Napitupulu

Jayapura, Kekerasan terhadap aparat keamanan kembali terjadi di Kabupaten Jayapura, Papua. Bripda Ridwan Napitupulu, seorang anggota Polri yang bertugas di wilayah Jayapura, Papua, Kamis (1/12) dianiaya komplotan pemanah ketika tengah menjalankan tugas. Ada dugaan, komplotan tersebut masih satu jaringan dengan gerakan OPM (Organisasi Papua Merdeka).

Kejadian itu bermula saat Polsek Nimbokrang menerima laporan bahwa ada pengibaran bendera Bintang Kejora di daerah Nimbokrang. Bripda Ridwan bermaksud menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai kejadian yang meresahkan warga Kampung Berang, Distrik Nimbrokang, Papua. Ia hanya didampingi seorang rekannya, Kanit Intelkrim Polsek Nimbrokang, Bripka Dian Budi Santosa.

Ditengah perjalanan keduanya dihadang komplotan yang mempersenjatai diri dengan panah dan senjata panjang. Namun, saat menuju lokasi pengibaran bendera Bintang Kejora di Kampung Berap tiba-tiba 15 orang lengkap dengan senjata tradisional berupa panah dan parang mencegat dan menyerang keduanya.

Karena tidak sempat melakukan perlawanan, kedua anggota polisi itu melarikan diri ke arah sungai. Saat melarikan diri itu Bripda Ridwan Napitupulu terkena panah di bagian pinggang, sehingga terjatuh. Kawanan orang tak dikenal itu mengeroyok Ridwan sampai babak belur.

Mereka juga berusaha merampas senjata SS1 yang dibawa Ridwan. Namun, perampasan itu tidak berhasil dilakukan karena Bripda Ridwan diamankan oleh rekannya yang selamat dengan melompat ke dalam kali.

Akibat kejadian ini Bripda Ridwan harus dirawat intensif di Rumah Sakit Yowari Sentani. Sementara empat orang pelaku telah diamankan di Polres Sentani.

Markus Magablo, salah seorang aktivis gereja mengatakan, semestinya tindakan kekerasan tidak boleh dilakukan oleh siapapun, “yang terjadi saat ini, ketika kekerasan dilakukan oleh oknum aparat keamanan, semua berteriak sebagai pelanggaran HAM. Tetapi ketika aparat keamanan yang menjadi korban kekerasan, tidak ada yang peduli !”.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s