West Papua : Layakkah “Tapol” Papua Diberi Amnesti?

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Jamil mengatakan bila memang dibutuhkan, para tahanan politik yang mendekam di penjara Papua harus diberi amnesti oleh pemerintah. Hal ini sama seperti di Aceh yang membebaskan para tahanan politik.

Anggota Komisi III akan fokus memberikan perhatian khusus pada masalah Papua. Juga akan lebih serius dalam mengedepankan rencana dialog antara pihak-pihak terkait.

Kondisi Papua saat ini masih berlangsung konflik bersenjata, dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang berkeinginan Papua merdeka dari Republik Indonesia. Sehingga pemberian amnesti terhadap tahanan politik Papua belum dapat dilaksanakan. Apajadinya jika diberikan amnesti, mungkin konflik akan semakin berkepanjangan.

Para tapol ini akan semakin gencar melakukan perlawanan baik melalui bersenjata maupun cara-cara lain agar mencapai tujuannya Papua merdeka.

Apalagi saat ini OPM melakukan berbagai cara baik bersenjata maupun perlawanan dalam bentuk bersifat politik dengan aksi pengerahan massa , organisasi kemasyarakatan maupun lembaga swadaya masyarakat baik tingkat lokal hingga internasional.

Berbeda dengan kondisi di Aceh ketika adanya keinginan dialog antara pemerintah dengan Gerakan Aceh Merdeka. Kedua pihak berfikir dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia Sehingga ketika adanya titik temu dan kesepakatan bahwa GAM tidak berkeinginan ingin merdeka maka proses amnesti terhadap tahanan politik berlangsung.

Oleh karena itu usulan anggota dewan agar tahanan politik Papua diberikan amenesti adalah ide tidak tepat. Bagaimana mau diberikan jika dikepala mereka masih terpikir keingianan merdeka.

Ketika diberikan amnesti semakin kuat dukungan dan kekuatan mereka memisahkan Papua dari Republik Indonesia. Ingat Papua adalah bagian kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diakui oleh PBB dan dunia internasional. Bila ingin amnesti singkirkan dahulu pemikiran untuk merdeka.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s