Pemerintah Amerika Serikat Mengakui Papua Bagian NKRI Dan Dukung Kebijakan Otsus Di Papua

Pemerintah Amerika Serikat mengakui Papua bagian dari NKRI dan mendukung penuh pelaksanaan otonomi khusus yang sudah berjalan 11 tahun ini. Hal ini dinyatakan oleh Scott Marciel, Duta Besar AS untuk Indonesia, setelah bertemu dengan anggota DPR Papua pada tanggal 5 Nopember 2012 di Gedung DPRP, Jalan Samratulangi, Jayapura.

“AS selalu dan tetap mendukung otonomi khusus dan mengakui bahwa Papua bagian dari NKRI,” tegas Scott Marciel. Dalam kunjungannya ke Papua adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi perhatian utama untuk pembangunan di wilayah. “Dan bagaimana kita bisa bekerjasama dalam satu arah untuk pembangunan,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda, menjelaskan dalam pertemuan, Dubes AS juga menanyakan sejauh mana pelaksanaan otonomi khusus di Papua, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan. “Selain itu, hal-hal apa saja yang bisa dibantu oleh pihaknya untuk kemajuan,” katanya. Yunus Wonda menambahkan bahwa Dubes AS, Scott Marciel, menyatakan pemerintah AS siap memberikan dukungan dan bantuan kepada anak-anak Papua yang ingin sekolah di AS.

Sebelumnya, Wakil Ketua I Majelis Rakyat Papua (MRP), Pendeta Hofni Simbiak, S.Th mengatakan kunjungan duta besar Amerika Serikat, Scott Marciel adalah ingin mengetaui sejauh mana situasi provinsi di ujung Timur Indonesia itu.

“Kunjungan Dubes AS dan rombongan itu, ingin mengetahui situasi dan kondisi di Papua saat ini menyangkut pemilihan kepala daerah dan proses penyelenggaran pemerintahan yang ada. Dan kita (MRP) menjelaskan bagaimana situasi yang ada, jikalau kita belum mempunyai pemimpin yang definitif saat ini,” kata Wakil ketua I MRP, Hofni Simbiak di Jayapura, Papua, Selasa (6/11).

Menurut Hofni, ia bersama Engel Bertha Kotorok Wakil Ketua II MRP, Rode Muyasin Ketua Pokja Perempuan MRP serta beberapa anggota MRP lainnya ketika bertemu dengan Dubes AS tersebut juga menerangkan peran lembaganya terkait pemilihan kepala daerah terserbut. “Kami juga menjelaskan peran MRP, yang memberikan legalitas terkait calon gubernur dan wakil gubernur Papua,” katanya.

Selain itu, kata Hofni yang merupakan perwakilan dari kelompok kerja agama dilembaga kultur tersebut, Dubes AS juga menyampaikan sejumlah program bantuan pembangunan dari pihaknya lewat USAID kepada Provinsi Papua, baik itu dibidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan sejumlah program lainya yang intinya ingin memberikan penguatan kepada masyarakat yang ada diwilayah tersebut.

“Mereka juga menjelaskan bagaimana peran AS melalui USAID dalam pendampingan masyarakat, pemerintahan dan sebagainya di Papua. MRP memberikan aplaus karenan cukup membantu kepada pemerintahan, lsm maupun masyarakat,” katanya.

Duta besar (Dubes) Amerika Serikat Scot Marciel beserta rombongan mengunjungi Papua sejak Minggu (4/11) hingga Selasa (6/11), kata Kabid Humas Polda Papua AKBP I Gede Sumerta Jaya. “Iya Pak Dubes Amerika Serikat bersama 16 orang dalam rombongannya telah tiba di Jayapura pada Minggu (4/11) siang,” katanya di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Senin (5/11).

Dalam kunjungan itu, Dubes AS akan bertemu dengan Pangdam XVII/Cenderawasih, Majelis Rakyat Papua (MRP), Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan direncanakan makan malam bersama Kapolda Papua dan pejabat terkait.

Sesuai dengan pernyataan Dubes AS tersebut, sudah jelas bahwa Papua merupakan bagian dari Indonesia, sehingga seluruh masyarakat Papua diharapkan tidak lagi mempermasalahkan status politik Papua, namun sudah semestinya berpikir dan mengeluarkan ide-ide kreatif untuk membangun Papua sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera, seperti yang pernah disampaikan oleh Ondoafi wilayah Papua mantan pimpinan organisasi Papua Merdeka wilayah luar negeri, Franzalbert Joku. “saatnya kita berpikir bagaimana membangun Papua, tanpa terus terbuai dengan kepentingan sekelompok orang yang terus mempermasalahkan status politik Papua, karena Papua bagian dari Indonesia sudah final”.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s