KNPB : MUSUH DALAM SELIMUT

Sebby Sambom Aktor Di Balik Pembunuhan Mako Tabuni Dan Huber Mabel ?

KNPB Traitor

Komite Nasional Papua Barat atau yang dikenal KNPB dengan ketua Victor Yeimo merupakan salah satu mediasi “Moral Force” bagi rakyat Papua yang didominasi oleh kaum muda dalam melakukan gerakan atau aksi-aksi untuk menginternasionalisasikan masalah Papua, serta mendorong tuntutan seluruh rakyat Papua agar menyelesaikan masalah keabsahan PEPERA 1969 yang dinilai cacat hukum dan kasus-kasus pelanggaran HAM, melalui mekanisme hukum internasional dengan tujuan akhir referendum dengan kata lain perjuangan KNPB tujuannya adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua Barat menjadi sebuah Negara yang merdeka dan berdaulat.

Namun akhir-akhir ini KNPB yang diharapkan oleh sebagian rakyat papua dapat menghasilkan dan memenuhi tuntutan rakyat Papua, saat ini cenderung hanya mengumbar janji dan hanya merugikan tenaga dan upaya bagi rakyat Papua yang mendukung mereka. Jika diamati, KNPB saat ini cenderung mengarah ke tindakan kriminal dan melanggar hukum. Temuan bahan peledak di rumah Philemon Elosak (Aktifis KNPB) Kampung Siba Distrik Wosilimo Wamena saat penggeledahan dan penggerebekan Sekretariat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Baliem di Jalan Patimura, Honai Lama Komplek Potikelek Distrik Wamena oleh jajaran Kepolisian Jayawijaya pada 28 s.d 29 September 2012 membuktikan KNPB sekarang bukanlah KNPB yang dulu.

Munculnya kasus-kasus kekerasan yang dilakukan oleh KNPB membuat rakyat Papua tidak simpati atas perjuangan mereka, bahkan sebagian besar masyarakat menganggap KNPB hanya ”jualan” isu Papua untuk mendapatkan uang. Hal tersebut terungkap adanya perpecahan antar anggota KNPB menjadi kedua kubu, dan yang paling mencengangkan KNPB hanya sebuah ”boneka” untuk dijadikan mesin uang.

Konflik internal KNPB membuktikan bahwa perjuangan mereka adalah hanya akal-akalan saja dan merupakan pembohongan publik rakyat Papua. Dalam rapat evalusi KNPB wilayah Sorong pada tanggal 29 Januri 2013 di Sekretariat KNPB wilayah Sorong, Ketua KNPB wilayah Sorong (Mathinus Yohame) dan ke tiga Rekannya, yaitu Edison Wenda, Yalius Gombo dan Gusti Aut (Anggota KNPB) dalam rapat evaluasi KNPB Wilayah Sorong menyampaikan bahwa Sebby Sambom merupakan aktor di balik penangkapan dan pembunuhan Aktivis KNPB, terutam Mako Tabuni dan Huber Mabel.

Ini menunjukan ada ” traitor ” di tubuh KNPB. Sebelumnya juga mencuat bahwa Mako Tabuni mendapat sepeda motor oleh Aparat agar dia mau bekerja sama dengan aparat dengan memberikan info-info pergerakan KNPB. Namun pada akhirnya Mako Tabuni tewas tertembak peluru Aparat dan saat ini muncul Sebby Sambom dituduh penyebab kematian Mako Tabuni. Artinya dalam tubuh KNPB telah terjadi perpecahan, ”siapa di pakai siapa” itu pertanyaan yang muncul oleh beberapa kalangan masyarakat yang telah menarik dukungannya terhadap perjuangan KNPB. Pada akhirnya, idealisme sang aktivis dalam pergerakan ”dikalahkan” dengan uang demi perut kenyang.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s