AUSTRALIA TAK DUKUNG PAPUA MERDEKA

carr

SIDNEY – Pemerintah Australia menyatakan, pihaknya menolak Papua merdeka. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr, yang ingin terus menjaga hubungan Indonesia dengan Australia.

“Australia selalu mendukung kedaulatan Indonesia di dua Provinsi Papua. Meskipun Canberra terus memperhatikan kondisi HAM di sana, posisi kami jelas (terhadap Papua),” ujar Bob Carr, seperti dikutip AFP.
“Posisi kami tentang pemisahan Papua, didasarkan atas prinsip dan pragmatisme. Posisinya jelas sekali kami mendukung kedaulatan Indonesia, dan tetapi tetap tegas dalam memperhatikan masalah penegakkan HAM,” lanjutnya.

Mengenai Papua Merdeka, Carr menilai Papua tidak akan bisa berdiri sendiri sebagai bangsa. Baginya hal tersebut hanya akan mempersulit posisi Australia yang selama ini memiliki hubungan erat dengan Indonesia.
Carr juga mengharapkan agar kelompok agama dan usaha yang ada di Australia tidak memberikan dukungan kepada kelompok separatis di Papua.

Pemerintah Australia menegaskan, walau selama ini kerap bersikap kritis terhadap isu penegakan hak asasi manusia di Papua, Australia sama sekali tidak akan mendukung ide kemerdekaan Papua sebagai sebuah negara berdaulat terpisah dari Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr, di stasiun televisi Sky News. Carr menyebutkan, dukungan atas kemerdekaan Papua akan benar-benar menghancurkan hubungan Australia dengan Indonesia.
Carr juga mengaku, Papua tidak akan mampu berdiri sendiri sebagai negara merdeka, dan hanya akan kembali mempersulit posisi Australia, yang dipastikan akan terkena dampak apabila Papua merdeka.

”Opini masyarakat Australia mendukung kedaulatan Indonesia atas dua provinsi di Papua. Penolakan kami soal pemisahan Papua sepenuhnya didasari pragmatisme dan prinsip,” ujar Carr.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s