PNG Resmi Dukung Lukas Enembe dan Klemen Tinal Membangun Papua

Maraknya sekelompok orang untuk berharap Papua lepas dari Pemerintah RI yang dikampanyekan oleh beberapa aktifis Papua merdeka dengan berbagai cara seperti meminta dukungan tokoh-tokoh politik dari negara tetangga Papua New Guinea/ PNG untuk mendukung kampanye mereka. Namun saat proses pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur terpilih Provinsi Papua, Dubes PNG untuk Indonesia Mr. Peter Ilao dan Gubernur Sandaun PNG Amkat May memberikan penjelasan bahwa secara resmi PNG mendukung kedaulatan Indonesia, kalaupun ada tokoh-tokoh politik PNG yang mendukung aktivitas Benny Wenda cs yang beberapa waktu lalu berkunjung ke PNG itu hanya dukungan personal saja, bukan dukungan dari Pemerintah PNG dan hal tersebut tidak signifikan serta tidak mempengaruhi hubungan bilateral antara PNG dan Indonesia.

png3

Gubernur Saundaun, Papua New Guinea (PNG), Amkat Mai menegaskan, guna menjaga hubungan baik dengan Indonesia, pihaknya akan mendukung penuh pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal dalam memimpin dan membangun Papua ke arah yang lebih maju, sementara terkait adanya sekelompok orang yang dianggap akan menggangu kamtibmas dan melakukan kekerasan di wilayah Papua Indonesia yang melarikan diri ke PNG akan ditangkap dan diserahkan ke Pemerintah Indonesia. ”Kami akan menangkap setiap pelaku aksi kekerasan di Papua, jika melarikan diri ke PNG dan Pemerintah PNG berharap hubungan baik dengan Indonesia” tandasnya.

Menjawab pertanyaan terkait dukungan terhadap kelompok masyarakat Papua yang meminta dukungan Pemerintah PNG untuk merdeka, Gubernur Saundaun, Papua New Guinea (PNG), Amkat Mai memastikan bahwa pemerintah PNG tidak mendukung mereka dan tetap mendukung keutuhan Pemerintah Indonesia. ”itu hanya segelintir orang PNG saja yang mendukung dia (Benny Wenda-red), tidak mempengaruhi hubungan baik Indonesia-PNG” ungkapnya secara tegas.

Masyarakat Papua kini merasa lega setelah beberapa waktu yang lama mengalami kekosongan pemimpin daerah, sekarang terjawab sudah, pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal sebagai tokoh masyarakat Papua yang mendapat dukungan oleh berbagai pihak termasuk dukungan dari negara-negara tetangga dan semakin memperkuat kedaulatan Indonesia yang akhir-akhir ini mendapat guncangan terutama diwilayah timur, Papua. ”saya berharap setelah terpilihnya Lukmen anak-anak bangsa beserta tokoh-tokoh masyarakat Papua saling bergandengtangan membangun Papua dan meninggalkan kegiatan yang tidak ada gunanya seperti yang selama ini di hembuskan oleh kelompok yang mengaku pahlawan Papua namun malah selalu membuat Papua selalu tidak aman atas kegiatannya” ucap tokoh masyarakat asal Serui Klemen Ruwayari. Selain itu harapan masyarakat Papua akan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan sangat tinggi. ”mari kita konsentrasi membangun Papua bersama Lukmen dan sudah saatnya tinggalkan Benny Wenda dorang, ILWP kah, IPWP kah, KNPB kah, WPNA kah dan Negara Federalnya Forkorus… itu omong kosong saja…” ucap salah seorang mama Papua dengan nada kesal.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s