OPM : Gen Goliat Tabuni Siap Kubur Senjatanya

GT

Perjuangan Papua merdeka yang ditunjukan oleh pasukan TPN OPM wilayah Tinggi Nambut Puncak Jaya Papua dengan melancarkan aksi-aksi penembakan yang menimbulkan korban jiwa baik dari TNI/Polri maupun masyarakat sipil, mungkin tidak akan menghiasi berita-berita di media cetak maupun elektronik lagi, pasalnya Panglima tertinggi TPN OPM Gen Goliat Tabuni menyampaikan akan mengubur seluruh senjatanya dan siap duduk bersama pemerintah sebagai dukungan Gubernur terpilih Lukas Enembe dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua yang aman dan damai.

Pernyataan tersebut disampaikan Panglima TPN OPM melalui saluran telepon yang disampaikan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe. ‘’Goliath sudah telepon saya, akan siapkan waktu untuk saya, maunya minta apa dalam pertemuan itu akan dibahas,’’papar Gubernur. Dalam kesempatan tersbut Goliath juga mengucapkan selamat dan sukses telah dilantiknya Lukas Enembe menjadi gubernur Papua. ‘’Kaka dilantik dari awal kami tidak ganggu, mereka ucapkan seperti itu,’’ ucap Gubernur. Bahkan, Goliat Tabuni sudah menyampaikan niat awalnya yakni tidak akan melancarkan aksi lagi, asalkan kampungnya dibangun pemerintah.

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP, MH menyatakan kesediaannya membuka ruang dialog terhadap kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka, yang selama ini berseberangan dengan pemerintah. Bahkan, Gubernur siap membangun rekonsiliasi yang konstruktif dengan mereka. “Sebagai Gubernur saya siap berdialog dengan OPM, siap bernegoisasi, siap membangun rekonsiliasi dan membicarakan berbagai hal seperti masalah sosial selama itu untuk kepentingan mensejahterkan rakyat Papua,”ujar Gubernur beberapa waktu lalu di Kantor Gubernur Papua Jalan Soa Siu Dok II Jayapura.

Hal yang paling utama akan menjadi prioritas perhatian pemerintah bila dialog sudah terselenggara adalah pendidikan dan kesehatan. ‘’Dua aspek ini jadi prioritas dibangun di kampung mereka, selain juga membangun ekonominya’’ jelas Gubernur.

Kelompok separatis pimpinan Goliath Tabuni yang bermarkas di Tingginambut Puncak Jaya sendiri sudah siap diajak duduk bersama dalam sebuah dialog menyelesaiakan masalah Papua dalam bingkai NKRI. Bahkan, Goliat juga menyampaikan siap menyimpan senjata dan tidak akan lagi mengangkatnya. “saya akan simpan dan kubur senjata yang saya miliki, dan siap duduk bersama membangun Papua bersama pemerintah’’ singkatnya.

Pernyataan Panglima Tertinggi TPN OPM sangat menggembirakan bagi seluruh masyarakat Papua yang selama ini menginginkan Papua tetap damai tanpa ada kekerasan. Pernyataan tersebut dapat dikatakan langkah awal dari sebuah optimisme masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan Papua tanpa ada bayang-banyang dan impian kosong Papua merdeka. Kampanye dan janji-janji Papua merdeka yang dilakukan oleh sekelompok orang telah membuat masyarakat terbuai dan melakukan kegiatan yang banyak merugikan waktu, tenaga serta biaya, bahkan atas propaganda dan angan-angan Papua merupakan sebuah bangsa dan harus memisahkan dari Indonesia, sekelompok rakyat yang notabene masih sebagai warga negara Indonesia melakukan serangkaian aksi kekerasa, penembakan dll guna mendukung propaganda Papua merdeka.

Namun dengan pernyataan Panglima TPN OPM Gen Goliat Tabuni membuktikan bahwa mereka telah sadar bahwa TPN OPM hanya dimanfaatkan oleh kelompok kepentingan saja. Kini Goliat Tabuni siap mendukung Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua yang merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah RI dalam membangun Papua. Saatnya generasi muda Papua berlomba-lomba meningkatkan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat di Bumi Cenderawasih.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s