KNPB Coreng Nasionalisme Masyarakat Sorong

Semangat nasionaliBB sorongsme masyarakat Sorong dalam rangka memperingati HUT 50 tahun Integrasi Papua ke NKRI tercoreng oleh ulah sekelompok orang yang menamakan diri Komite Nasional Papua Barat atau KNPB. Di tengah-tengah antusiasme masyarakat Papua Barat khususnya di Kota Sorong melakukan kegiatan untuk memperingati HUT 50 Tahun Integrasi Papua ke NKRI, terjadi penggrebegan dan penangkapan terhadap anggota KNPB oleh Aparat Kepolisian karena akan melakukan tindakan melawan hukum untuk menggangu kegiatan peringatan HUT integrasi Papua ke Indonesia dan berencana akan mengibarkan Bendera Bintang Kejora Sorong.

Peristiwa tersebut terjadi setelah aparat keamanan gabungan dari Polres Kab. Sorong, Kodim 1704/Sorong dan Korem 171/PVT melakukan patroli namun mendapatkan perlawanan oleh kelompok KNPB pimpinan Isak Klaibin dan terjadi bentrokan antar kedua kubu yang mengakibatkan 3 orang warga/ kelompok meninggal dunia. Sedangkan korban dari apkam, 1 orang mengalami luka sabetan senjata tajam serta kaca belakang dan samping kiri mobil Wakapolres Sorong hancur.

Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan oleh tim gabungan Polda Papua, Korem Sorong dan Polres Sorong di gudang dan rumah Isak Klaibin ditemukan banyak barang-barang berbahaya seperti senjata api, amunisi, parang, panah dll, atribut-atribut separatis Papua dan bendera Bintang Kejora. Wakapolda Papua Brigjen Pol. Paulus Waterpauw saat mendampingi Kapores Sorong menyampaikan bahwa penyerangan KNPB dan bukti-bukti yang didapatkan dapat dijerat pidana makar.

Kondisi keamanan Papua dan Papua barat beberapa kali terusik oleh ulah KNPB, seperti halnya peringatan HUT integrasi Papua ke Indonesia, juga tidak luput dari sasaran pemanfaatan momen oleh KNPB untuk melakukan tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Namun masyarakat Papua di Sorong semakin dewasa, mereka tetap antusias melakukan kegiatan memperingati HUT 50 Tahun Integrasi Papua ke Indonesia dan tidak terpengaruh oleh provokasi kelompok KNPB.

“Papua tetap NKRI.. !!!” teriak salah seorang pelajar di Sorong, Yan Kalomi saat mengikuti kegiatan.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s