Papua : Lukas Enembe Tak Dukung Pembukaan Kantor Perwakilan OPM

Maraknya pemberitaan dibeberapa media yang memuat tentang telah dibukanya kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka OPM di Oxford London Ingris di tanggapi beragam oleh masyarakat Papua. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kampanye Papua Merdeka yang dilakukan oleh aktivis Papua merdeka di luar negeri Benny Wenda. Selain itu, kantor perwakilan OPM rencananya juga akan dibuka di beberapa Negara lainnya.
Menanggapi hal tersebut, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH, sebagai pemimpin daerah dan tokoh besar masyarakat Papua yang bertanggungjawab terhadap keberlangsungan pembangunan Papua dan yang paling bertanggungjawab mengenai stabilitas keamanan di Provinsi Papua mengatakan, tidak mendukung adanya pembukaan kantor OPM tersebut. “itu urusan mereka, urusan saya adalah membangun Papua dan mensejahterakan rakyat Papua” ucap Leukas Enembe.

Dijelaskannya, kerangka Otsus Plus adalah tidak lain menyangkut kewenangan Provinsi Papua yang lebih luas didalam kebijakan pembangunannya bagi rakyat yang selama ini terabaikan kebutuhan hidupnya, yang umumnya belum tersentuh dengan baik, sehingga rakyat terus berteriak dan berteriak. Kedepan masyarakat Papua sudah tidak ada lagi yang teriak merdeka.

Mengenai kerangka Otsus plus sesuai pembicaraan dengan Presiden SBY tanggal 29 April 2013, tahap pertama akan dibahas bersama DPRP, MRP, instansi terkait dan akademisi, setelah itu tahap kedua hasil pembahasan itu disampaikan kepada publik untuk mendapatkan masukan-masukan dari masyarakat untuk disempurnakan sebelum dibawah ke Presiden SBY untuk disahkan menjadi Undang-Undang Otsus Plus.

Terkait dengan pendirian Kantor OPM di Oxford Inggris, Gubernur Lukas Enembe, menyatakan, itu merupakan urusan Pemerintah Pusat, sehingga dirinya tidak berhak memberikan tanggapan, dan juga karena yang namanya kewenangan luar negeri adalah kewenangan pemerintah pusat, sementara dirinya hanya diberikan tugas oleh Pemerintah Pusat untuk membangun dan membangun.

Rakyat Papua sudah dewasa, bisa memilah mana yang betul, baik dan berguna bagi kesejahteraan rakyat, perjuangan Papua merdeka yang di kampanyekan oleh Benny Wenda cs, bukan merupakan aspirasi masyarakat Papua. Masyarakat Papua hanya ingin sejahtera dengan terpenuhinya kebutuhan hidupnya, peningkatan pendidikan, layanan kesehatan dan peningkatan ekonomi.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s