Benahi Mutu PTN di Papua

Disparitas kualitas pendidikan perguruan tinggi negeri di Papua dengan perguruan tinggi negeri lain terutama di wilayah Indonesia barat merupakan persoalan yang harus segera dibenahi bersama-sama. Dibutuhkan berbagai upaya percepatan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi negeri di Papua.

Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Suparno di Merauke, Provinsi Papua mengungkapkan, perguruan tinggi negeri (PTN) besar yang mapan memiliki peran penting untuk berkolaborasi bersama pemerintah memajukan PTN-PTN di Papua dan Indonesia Timur. Untuk itu, berbagai kerja sama antar-PTN harus dipacu.

Perguruan tinggi negeri yang memiliki pengalaman lebih banyak harus memberikan pengalamannya itu sebanyak-banyaknya kepada yang masih memerlukan pengalaman. “Dalam berbagai bidang, akademik, manajemen, dan hal-hal lain yang terkait dengan kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara,” ujarnya.

Suparno mengatakan, wujud kerja sama yang dikembangkan antar perguruan tinggi negeri bisa disesuaikan dengan program-program unggulan di masing-masing PTN. Ia mencontohkan, UM yang fokus pada bidang pendidikan keguruan dan ilmu kependidikan dapat mengembangkan kerja sama memajukan bidang tersebut.

“Kami tidak perlu memasuki domain yang lain. Karena andalan kami dalam mengisi kerja sama adalah pendidikan guru, pendidikan dosen dan tenaga kependidikan,” katanya.

Rektor Universitas Musamus (Unmus) Merauke, Philipus Betaubun mengatakan, diperlukan berbagai upaya percepatan untuk mengejar ketertinggalan dari PTN yang lainnya. Dicontohkan, dari 230 tenaga dosen di Unmus, baru ada seorang doktor (S3). Untuk itu, sebanyak 28 dosen Unmus kini sedang menempuh pendidikan S3 di berbagai perguruan tinggi.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s