Pemekaran Daerah Bermanfaat Untuk Masyarakat Papua

PemekaranPemekaran daerah sepertinya menjadi pekerjaan reguler pemerintah setiap tahunnya. Bagaimana tidak, setiap tahunnya ratusan rekomendasi pemekaran daerah disampaikan kepada pemerintah untuk disahkan. Sejak dimulainya era reformasi, keran pemekaran memang dibuka seluas – luasnya oleh pemerintah. Tujuan utama dari pemekaran adalah untuk mendekatkan pelayanan pemerintah ke masyarakat di daerah sehingga dapat mempercepat pembangunan yang tentu saja berimbas kepada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Provinsi Papua sebagai bagian dari Indonesia saat ini juga dibanjiri dengan usulan pemekaran daerah dari berbagai elemen masyarakat di Papua. Tercatat ada 23 usulan pemekaran dari Provinsi Papua saja, yang terdiri dari usulan pembentukan provinsi baru sebanyak dua usulan dan usulan pembentukan kabupaten/kota baru sebanyak 21 usulan, ini menempatkan Papua sebagai provinsi yang memiliki usulan pemekaran terbanyak di Indonesia. Banyaknya usulan pemekaran dari Papua ini menuntut pemerintah untuk jeli dan memilah – milah mana daerah yang harus menjadi prioritas pemekaran mengingat belum tentu semua aspirasi pemekaran daerah sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut.

Terlepas dari banyaknya usulan pemekaran daerah dari Papua yang sampai ke Parlemen dan kontroversi yang menyertainya, namun ini menunjukkan bahwa belum maksimalnya pelayanan publik yang dijalankan oleh pemerintah daerah sehingga banyak bermunculan usulan pemekaran tersebut. Jika dilihat dari perkembangan prospek pembangunan di Papua secara umum sudah cukup baik, namun masih banyak juga yang belum berjalan baik disebabkan belum efisien tadi pemerintah setempat dalam menjalankan tupoksinya.

Banyak kendala yang menyebabkan belum efisiennya pemerintah daerah di Papua menjalankan kebijakan pembangunan diantaranya adalah wilayah yang terlalu luas, akses infrastruktur di Papua yang masih terbatas serta ketidak merataan pembangunan sehingga menimbulkan iri hati dari masyarakat yang merasa di anaktirikan oleh pemerintah daerah padahal sudah sedimikian banyaknya anggaran Negara yang mengucur deras ke tanah Papua namun tidak ada perkembangan berarti dalam pembangunan, sehingga pemekaran daerah dapat menjadi opsi yang baik bagi perkembangan daerah Papua.

Manfaat yang nantinya didapatkan masyarakat papua apabila pemekaran ini disahkan oleh pemerintah pusat adalah semakin dekatnya rentang jarak pelayanan daerah yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat papua sehingga menjadi lebih efisien. Kemudian pemerataan pembangunan yang diidam – idamkan oleh masyarakat papua dapat berjalan dengan maksimal. Disamping itu, khusus pemekaran Papua menjadi dua provinsi yaitu provinsi Papua Tengah dan Papua selatan, manfaat yang diberikan terutama kepada pemakaian anggaran otonomi khusus untuk pembangunan dapat dipakai secara maksimal dan tidak menjadi anggaran yang dibuang – buang secara mubazir. Disamping itu rentang kontrol pemerintah provinsi nantinya akan semakin mudah seiring makin sedikitnya daerah yang dibawahi dalam satu provinsi, nantinya Provinsi Papua tidak lagi membawahi 29 Kabupaten/kota seperti sekarang ini.

Inti dari pemekaran adalah peningkatan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan. Apabila kedua hal ini terpenuhi, maka impian mencapai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua akan dapat tercapai. Sehingga nantinya masyarakat Papua mampu mengejar ketertinggalan mereka dengan daerah lainnya di Indonesia.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s