Pembubaran KNPB : Langkah Efektif Tingkatkan Stabilitas Keamanan Papua

2_Pembubaran KNPBBerbagai kegiatan yang dilakukan organisasi massa Komite Nasional Papua Barat (KNPB) seringkali berakhir dengan tindakan anarkis. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Yahukimo, kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh anggota KNPB tersebut berakhir dengan kejadian bentrokan dengan aparat kepolisian. Berdasarkan data yang diperoleh, korban akibat kejadian di Yahukimo tersebut juga ada yang berasal dari masyarakat sipil.

Dikarenakan kegiatan KNPB tersebut tidak memiliki izin, maka aparat kepolisian bermaksud untuk bernegosiasi dengan massa yang sedang melakukan aksi. Tanpa terduga, massa kemudian secara tiba-tiba melakukan penyerangan terhadap aparat dengan melakukan pelemparan menggunakan batu dan pemukulan terhadap anggota kepolisian. Selain melakukan penyerangan terhadap aparat kepolisian, massa juga melakukan pelemparan terhadap rumah warga dan pemukulan terhadap warga sipil yang ada di sekitar lokasi bentrokan.

Aparat kepolisian hendaknya dapat melaksanakan tugas dan melaksanakan penegakan hukum secara tegas dan adil dalam menangani berbagai tindakan anarkis dan provokatif yang dilakukan oleh kelompok KNPB. Tindakan anarkis kelompok tersebut selain akan meresahkan masyarakat yang berpengaruh positif terhadap terjadinya instabilitas keamanan di wilayah Papua juga akan mengakibatkan kerugian secara materi.

Jika ditinjau dari sisi legalitas, organisasi KNPB sendiri sebenarnya sama sekali tidak terdaftar secara jelas baik pada Dirjen Kesatuan Bangsa maupun pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik di Papua. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa organisasi KNPB merupakan organisasi ilegal sehingga setiap bentuk kegiatatan atau aksi yang dilakukan atas nama organisasi KNPB tidak dapat dibenarkan.

Terkait dengan adanya wacana tentang rencana pembubaran keberadaan organisasi KNPB baik di Papua maupun di daerah lainnya, maka dipandang langkah tersebut sangat tepat untuk dilakukan mengingat legalitas dan aksi yang dilakukan organisasi tersebut selalu mengarah pada perbuatan yang bersifat anarkis dan provokatif. Dengan dibubarkannya organisasi KNPB, maka dapat dipastikan bahwa tingkat stabilitas keamanan di Papua akan meningkat.

Diharapkan masyarakat Papua dapat lebih selektif dalam mendukung berbagai kegiatan dari kelompok-kelompok tertentu yang bertujuan untuk memecah belah masyarakat Papua sendiri. Mendukung keberadaan kelompok-kelompok seperti KNPB, selain merupakan kegiatan ilegal juga hanya akan menimbulkan berbagai kerugian.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s