Insiden Tolikara, Ada Pihak Ketiga yang Bermain

3_TolikarapihakketigaBerbagai pernyataan yang dikeluarkan oleh para tokoh-tokoh agama terkait insiden di Tolikara, mempunyai kesimpulan yang sama yaitu tindak tegas pelaku dan otak kerusuhan di Tolikara yang telah mengusik kedamaian di Papua.

Salah satu tokoh agama nasional, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin meminta Polri untuk bersungguh-sungguh menegakkan hukum terkait insiden Tolikara di Papua yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Perihal penegakan hukum, sikap kami mendesak Polri untuk bersungguh-sungguh dan konsekuen menegakkan hukum, kepada siapapun,” ujarnya dalam sebuah acara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, Din juga mengapresiasi langkah Polri yang sejauh ini telah menetapkan dua orang tersangka terkait insiden yang mengakibatkan sebuah masjid dan beberapa ruko terbakar.

“Kita beri apresiasi pada Polri yang telah bertindak cepat dan tepat, yang paling penting kami dari ormas-ormas keagamaan berharap agar Polri bisa tangkap, ungkap dan singkap, agar tak terulang lagi,” terangnya.

Din menambahkan, insiden yang terjadi di Tolikara menurutnya juga dipengaruhi oleh pihak ketiga yang tak menginginkan perdamaian di Papua terjadi. Kendati hal itu belum terbukti, namun Din mengaku yakin atas hal itu.

“Saya pribadi menengarai dengan penerawangan pribadi bahwa kejadian ini (Tolikara), ada pihak ketiga yang bermain, tujuan mereka tidak mau umat beragama di Indonesia damai, mereka juga tidak mau Indonesia yang majemuk bisa rukun dan damai,” tandasnya.

Selain itu, Sosiolog Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Musni Umar meminta pemerintah dan kepolisian segera mengungkap aktor intelektual insiden di Tolikara, Papua.

Menurutnya, sangat tidak mudah untuk menuntaskan masalah di Bumi Cenderawasih ini karena banyak sekali kepentingan asing di sana.

“Sangat tidak mudah memecahkan kasus Papua, siapapun harus dihukum agar kita mengetahui apa motif aktor intelektual dalam peristiwa itu,” ujar Musni beberapa saat yang lalu.

Ia menambahkan, polisi harus segera menangkap siapa aktor intelektual insiden yang menyebabkan satu orang tewas akibat terbakarnya insiden itu. “Harus segera ditangkap orang ini, tidak boleh dibiarkan, kalau dibiarkan akan muncul lagi di tempat lain, dan akan terus bergejolak dan memanas keadaannya,” tegas Musni.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s