Ratusan Pekerja Freeport Rayakan HUT RI ke-70

Agus_6Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi RI ke-70, Senin 17 Agustus 2015, turut dirayakan oleh ratusan pekerja tambang emas, perak, dan tembaga PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua. Bahkan mereka bersiap menjalani upacara di suatu tambang bawah tanah, jauh dari kemeriahan.

Selain itu, tiang bendera permanen mereka siapkan jauh di dalam terowongan bawah tanah Deep Mill Level Zone (DMLZ), tambang bawah tanah terdalam yang tengah dibangun Freeport. Di belakangnya terdapat gambar besar Pahlawan Proklamator Soekarno dan Hatta, disertai tulisan “Kitong Kerja Bersama: Harumkan Indonesia dari Papua.”

“Tambang ini sedalam 1,9 km dari permukaan tambang terbuka Grasberg. Upacara di tambang bawah tanah ini merupakan cara kami untuk tetap memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70,” kata Hengky Rumbino, putra asli Papua yang kini menjabat Wakil Presiden PT Freeport Indonesia untuk Operasi Tambang Bawah Tanah.

Menurut Hengky, upacara di tambang bawah tanah ini akan diikuti sekitar 200 peserta, yang merupakan para pekerja termasuk pekerja yang berasal dari Papua. Dia mengungkapkan lokasinya berbeda dengan yang tahun lalu karena berlangsung di titik yang baru dibuka.

“Tambang DMLZ ini merupakan salah satu penentu masa depan Freeport saat kami mulai tahun 2017 tidak lagi mengolah lokasi tambang di atas permukaan tanah seperti di Tambang Grasberg, melainkan fokus ke eksplorasi bawah tanah,” kata Hengky.

Dengan bangga dia mengatakan bahwa pembukaan tambang bawah tanah baru DMLZ ini sepenuhnya dikerjakan oleh para pekerja Indonesia. Dibangun sejak 2008, tambang ini mulai akan berproduksi mulai September 2015.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s