Negara Mendukung Pelajar Papua Bisa

Ada sejumlah program beasiswa yang diberikan Pemerintah untuk orang Papua. Salah satunya adalah Program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) untuk siswa/i lulusan SMP yang mau melanjutkan sekolah ke luar Papua dan program ADIK (Afirmasi Pendidikan Tinggi) bagi yang hendak kuliah. Dibandingkan dengan program beasiswa sebelumnya,  ADEM dan ADIK yang baru berjalan dua tahun terakhir ini dibilang cukup sukses mewujudkan amanat Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Jumlah putra-putri asli Papua yang dibiayai melalui program ADIK 2014 dan ADIK 2015  mencapai seribuan orang lebih. Mereka sedang dan akan menempuh pendidikan di 39 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia pada jurusan-jurusan aplikatif, seperti Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Arsitektur Lanskap, Teknik Mesin, Teknik Elektro,  Teknik Informatika,  Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Lingkungan, Akutansi, Agrobisnis, Agroteknologi, Statistika, Peternakan, Perikanan Kelautan dll.

http://www.up4b.go.id/index.php/berita/media-massa/item/508-39-ptn-untuk-adik-papua

Sedangkan untuk Program ADEM yang baru dimulai tahun ini, Pemerintah telah mendapatkan hasil seleksi sebanyak 500 orang (350 orang dari Prov Papua dan 150 dari Papua Barat) untuk menempuh pendidikan menengah (SMA dan SMK) di sejumlah sekolah di pulau Jawa dan Bali. http://www.up4b.go.id/index.php/prioritas-p4b/3-affirmative-action/item/403-pengumuman-program-adem-2013

Kedua program afirmasi pendidikan ini adalah bukti kesungguhan pemerintah memberikan perhatian dalam Percepatan Pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat (P4B) dimana kedua provinsi ini telah diberikan kewenangan yang lebih besar (melalui kebijakan Otsus) dalam mengurus dan membangun wlayahnya terlebih lagi dalam hal mengembangkan kualitas sumberdaya manusia agar dapat sejejar dengan daerah lainnya di Indonesia.

Keberhasilan

Sebanyak 20 putra putri asli Papua lulusan SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor, pada tahun akademik 2015/2016 akan mengikuti program beasiswa pendidikan tinggi di luar negeri. Harapan yang besar kepada pemuda pemudi asli Papua yang berkesempatan menempuh pendidikan di luar negeri dapat selesai tepat waktu, sehingga ilmu yang diperoleh sesuai keahlian dan dapat dipergunakan membangun daerah Kabupaten Biak Numfor.

Selain itu, Sebanyak 550 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Papua dan Papua Barat, meraih beasiswa pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Bali. Para siswa itu mendapatkan beasiswa melalui program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) yang bekerjasama antara Kemendikbud dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2015. Dari jumlah tersebut 42 orang disebar ke Yogyakarta, 141 orang di Jawa Timur, 96 orang di Jawa Barat, 70 orang di Jawa Tengah, 70 orang di Banten, dan 80 orang di Bali.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, mereka harus melewati beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi tingkat kota/kabupaten, provinsi, dan pusat.Sejak program ini berlangsung, sudah 1.323 orang siswa yang mendapatkan beasiswa Adem, dan sekitar 1.200 orang untuk program pendidikan mahasiswa. Selama di kota tujuan, mereka akan tinggal di asrama khusus dan orangtua asuh terpilih. Pendidikan seperti ini dirasa positif dan dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Papua. Di sisi lain, program seperti ini dapat mempererat hubungan antar masyarakat papua dengan daerah-daerah yang lainnya. Program seperti ini harus selalu didukung oleh pemerintah pusat, atau dibuat lebih intens lagi.

http://nasional.sindonews.com/read/1033064/144/550-orang-papua-asli-raih-beasiswa-pendidikan-1439537897

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s