Merauke Lumbung Padi Nasional

Merauke

Siapa yang tak kenal Merauke, kota yang santer didengar karena letaknya yang berada di ujung Timur wilayah Negara  Indonesia. Potensi lahan pertanian yang dipunyainya pun tak kalah tenar jika dibandingkan dengan ujungnya letak wilayah. Situs resmi pemerintah RI (http://setkab.go.id/presiden-dorong-merauke-sebagai-lumbung-beras-nasional/ ) memberitakan hal demikian.

Kabupaten Merauke memiliki potensi 1,2 juta Ha lahan pertanian yang bisa didorong sebagai lumbung pangan nasional. Dimana saat ini Pemerintah RI sedang melakukan pengelolaan lahan tersebut secara bertahap yang diawali dengan pembukaan lahan 250 ribu Ha dan akan dilanjutkan pada 2016, 2017, dan 2018 hingga mencapai 1,2 juta Ha. Rencananya, hasil pertanian Merauke ini akan difokuskan untuk pemenuhan konsumsi beras wilayah Indonesia Timur. Untuk mendukung target menjadi lumbung padi nasional, Pemerintah RI juga telah memberikan sejumlah fasilitas yang dapat diberdayakan untuk pengolahan lahan pertanian.

Merauke Dipersiapkan Lumbung Pangan Nasional dan Dunia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mendukung penuh program Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Merauke, Papua, sebagai lumbung pangan di tingkat nasional bahkan dunia.

guna mewujudkan program tersebut, demikian Basuki menegaskan, kementeriannya akan membangun infrastrukjtur dasar untuk lahan persawahan hingga 1,2 juta hektare di merauke. Kemeterian PUPR melalui Dirjen SDA akan menyiapkan sarana prasarana dasar seperti embung untuk menampung air. “Kita buat saluran air untuk tampung hujan, supaya nanti bisa dipompa dan disalurkan ke irigasi,” Kata Basuki Hadimuljono, Minggu (10/5/2015)

Perlu diketahui, kementerian PUPR sudah membangun beberapa penampungan air di Merauke. Tahun ini akan dibangun lahan 7,000 hektar, dan untuk itu akan dibangun infrastruktur air dalam 3 tahun. Sebelumnya sudah dibangun 120.000 hektare lahan sawah di sana. Menurut Basuki, Kementeriannya akan menggenjot pembangunan infrastruktur dasar untuk lahan hingga 1,2 juta hektar di Merauke.

Merauke memiliki potensi lahan sangat luas yang bisa dimanfaatkan untuk kawasan persawahan. Pemerintah akan memberikan bantuan berupa benih, pupuk, dan traktor untuk mendorong supaya Merauke meningkatkan produksi beras. Potensi lahan pertanian ini secara maksimal dapat dimanfaatkan oleh masyarakat daerah Kabupaten Merauke sebagai kesempatan untuk bekerja di daerahnya tersendiri. Selain itu, hal ini juga diharapkan mendapatkan dukungan dari warga Asli Papua agar turut serta dalam optimalisasi lahan pertanian di wilayahnya. Kesempatan ini dapat dijadikan peluang untuk membuktikan bahwa Orang Asli Papua (OAP) mampu bekerja sama untuk membangun daerah.

Beberapa hal lain juga kemungkinan akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dengan adanya program yang dicanangkan Pemerintah ini . Wilayah Merauke yang berada di Provinsi Papua, pastinya terdapat beberapa kelompok separatis bersenjata aktif. Yang menjadi harapan semua pihak adalah kelompok-kelompok ini dapat bekerja sama membangun wilayahnya ke arah lebih baik. Teriakan-teriakan ingin melepaskan diri dari Negara Indonesia sama sekali tidak akan memberikan dampak kemajuan bagi wilayahnya.

Akhir tahun 2015 ini yang seharusnya dilakukan, bagi siapapun itu, baik transmigran maupun Orang Asli Papua (OAP) adalah bergotong royong memanfaatkan potensi lahan pertanian yang ada dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di wilayah tersebut. Semakin lama yang dibutuhkan untuk memajukan taraf kehidupan masyarakat Papua bukan lagi teriakan Merdeka oleh Kelompok Bersenjata, tetapi usaha yang nyata untuk bersama-sama membangun daerahnya.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s